5 Virus Komputer yang Paling Berbahaya

10:03 AM

1

Hai sobat, apa kabarnya nih ?? Kembali lagi di blog keren ini yaks.

Oke, sekarang admin mau bagi-bagi info nih, tentang 5 Virus komputer yang paling berbahaya. Iya berbahaya, jangan sampai komputer sobat terkena salah satu atau salah semua dari virus virus berikut yaa.

1. Conficker

conficker20090409

Virus ini tergolong berbahaya karena penyebarannya yang dibilang sangat cepat, lebih cepat dari kebanyakan jenis virus lainnya. Virus ini ditemukan Oktober 2008, dengan nama lain ‘Down Up’. Pada tahun 2009, sekitar 3,5 juta komputer di dunia telah terinfeksi virus bahaya ini, dan beberapa hari kemudian, penyebarannya malah bertambah 2x lipat menjadi 9 juta komputer terinfeksi. Hal ini membuktikan kalau penyebarannya yang sangat cepat.


2. Code Red

maonicodered

Pertama kali ditemukan pada Juni 2001. Virus ini datang dengan memanfaatkan celah di Microsoft Internet Information Server dan kemudian akan merusak berbagai server jaringan komputer. Bahayanya, Code Red bisa menguras habis memory komputer tanpa sepengetahuan korban. Code Red bisa tersebar hanya melalui jaringan internet dan masuk melalui webpage yang sedang terbuka. Sampai artikel ini dibuat, virus ini sudah tercatat telah merusak sekitar 400.000 server dan kerugian 2,6 miliyar dolas AS.


3. Melissa

virus_melisa

Bisa dibilang, virus yang paling berbahaya dalam sejarah Internet. Virus yang telah berhasil menginfeksi sekitar 20%  komputer dunia dalam sekejap, pada Maret 1999. Virus ini masuk lewat Email Attachment dengan nama “Here is that Document you asked for, don’t show to anyone else” dan dengan file .doc. Virus akan masuk ketika pengguna mengklik Attachment tersebut, dan mengirimkan dirinya ke 50 alamat Email kenalan korban lainnya.


4. Poison IVY

poison%20ivy%20autorun

Virus ini bukan hanya merusak komputer, lebih buruk lagi, Virus ini akan mengendalikan komputer korban. Virus ini awalnya dikembangkan oleh para hacker yang akan menyadap seseorang. Ketika sudah masuk ke komputer, maka virus sudah memegang kendali penuh pada komputer. Yang mengendalikannya adalah seseorang dari jarak jauh si pembuat virus ini. Dan juga dapat mengambil alih webcam dan speaker pada komputer.


5. Ransomware Wannacry

WannaCry-Ransomware

Serangan besar-besaran virus ini telah menghebohkan dunia pada 13 Mei 2017. Virus ini telah menyerang 16 instansi di Inggris dan menyerang 99 negara dalam waktu yang tergolong singkat. Indonesia juga termasuk dari korban serangan Wannacry. Masih ada kemungkinan akan menyebar lebih luas. Ketika terinfeksi, maka akan ada sebuah pemberitahuan yang mengatakan kalau file korban telah di encrypted, dan memberikan waktu dan alamat bitcoin untuk membayar kepada si pembuat Ransomware. Jika tidak, maka file korban akan dihapus dan denda tebusan akan naik jika tidak membayar.


Nah itulah 5 virus komputer yang paling berbahaya yang pernah ada. Jika sampai komputer sobat terjangkit, maka hanya ada 2 kemungkinan. Komputer kembali sembuh, atau beli komputer baru :v.

Sekian NTechMode mengucapkan Salam Teknologi

Artikel Terkait

Previous
Next Post »